Mas Alvi blog

Memulai Membuat Blog Untuk Pemula

Memulai Membuat Blog Untuk Pemula

1 Agustus 2015
Sobat ingin menjadi blogger? Jangan khawatir, menjadi blogger tidak sesulit yang sobat kira, bahkan menjadi blogger adalah pekerjaan yang menarik. Dengan memiliki blog sobat dapat menuangkan segala pemikiran dan curahan sobat.

memulai membuat blog
Logo Blogger

Tapi apakah memiliki blog saja sudah cukup? Tentu saja tidak, sobat juga harus tahu bagaimana cara menulis artikel dan mengelola blog sobat sendiri. Semua komponen penting dalam blogging akan dikupas tuntas di blog ini dan sobat akan tahu bagaimana cara ngeblog yang baik, bukan asal ngeblog saja.

Saya pun juga seorang blogger biasa yang masih dalam tahapan belajar, wajar jika argumen dan tips blogging dari saya kurang cerdas. Jadi mari kita belajar bersama tentang blogging.

Tentukan Tujuan Blogging

Semua tindakan pasti ada tujuannya. Sudahkah sobat mengetahui tujuan sobat untuk membuat blog? Banyak sekali manfaat dan tujuan blog yang dapat sobat peroleh, diantaranya:
  • Mencurahkan Ide dan Perasaan
  • Mendapatkan Uang
  • Menampilkan Diri
Jadi sebelum sobat membuat blog, sobat harus mengetahui untuk apa blog tersebut digunakan, apakah untuk mencurahkan perasaan, mendapatkan uang, atau hanya untuk menampilkan diri.

Mulai Membuat Blog

Jika sobat sudah tahu alasan sobat membuat blog, maka sobat dapat mulai membuat blog. Ada banyak penyedia pembuatan blog gratis seperti Blogger, Wordpress, LiveJournal, Weebly, dan masih banyak lagi. 

Namun, saya merekomendasikan sobat untuk menggunakan Blogger seperti yang saya gunakan ini. Jika sobat melihat banyak sekali situs yang memiliki alamat "blogspot" di dalamnya itu berarti situs tersebut menggunakan layanan blog gratis dari Blogger.

Cara Membuat Blog

Jika sobat sudah memiliki akun email Gmail, sobat bisa langsung mendaftar blog, tapi jika belum, sobat harus membuat akun Gmail dulu. Silakan sobat mendaftar di Gmail.com. Setelah mempunyai akun Gmail, sekarang sobat masuk ke Blogger untuk langkah awal membuat blog. 

Untuk membuat blog, sobat tinggal klik Buat profil Blogger terbatas.

memulai membuat blog
Membuat Blog
Sobat akan disuruh memberikan nama profil blog sobat. Silakan tentukan nama apa yang tepat untuk profil blog sobat. Misal jika sobat bernama Paiman, maka sobat tulis saja Paiman. Jadi profil Blogger hampir sama seperti profil Facebook, sebagai identitas penulis. Kemudian klik Lanjutkan ke Blogger.
memulai membuat blog
Memberikan Nama Akun Blogger

Sobat sudah memiliki akun blogger, sekarang saatnya untuk membuat situs blog. Sobat dapat membuat banyak blog sesuai keinginan sobat. Cara membuat blog adalah dengan menekan tombol Blog Baru. Isikan Judul sesuai dengan judul blog yang sobat inginkan, kemudian ketikkan alamat blog sobat hingga status Alamat blog ini tersedia muncul. Sobat juga dapat menentukan template (tema) blog sobat sesuai keinginan sobat.

memulai membuat blog
Membuat Nama dan Alamat Blog

Memulai Menulis Artikel

Jika sudah, maka blog sobat sudah berhasil diciptakan dan akan muncul di beranda Blogger sobat. Untuk mulai menulis artikel, sobat dapat mengeklik tombol pensil disebelah nama blog sobat.

memulai membuat blog
Mulai Menulis Artikel

Setelah itu akan muncul tampilan untuk mengetikkan artikel. Sobat dapat langsung menulis artikel sobat disertai berbagai macam fitur yang dapat mendukung artikel sobat, seperti menambahkan gambar, video, tautan, atau pengaturan penulisan. Jika sudah selesai menulis artikel, sobat beri judul kemudian klik Publikasikan.

memulai membuat blog
Menulis Artikel

Artikel dan blog sobat sudah jadi silakan cek blog sobat melalui url situs blog yang sobat buat tadi.

Ini merupakan tahap awal sobat memulai dunia blogging. Masih terdapat banyak teknik yang harus sobat pelajari agar artikel sobat dapat muncul di barisan pertama mesin pencari, karena sumber orang membaca artikel sobat adalah berasal dari mesin pencarian. Teknik tersebut dinamakan dengan SEO (Search Engine Optimization) yang akan dibahas di lain kesempatan.

Tags
1 Comments

1 komentar:

  1. Submit your blog or website now for appearing in Google and 300+ search engines!

    Over 200,000 websites handled!

    Submit NOW via I Need Hits!!!

    BalasHapus

Previous Posting Lebih Baru
Memulai Membuat Blog Untuk Pemula Memulai Membuat Blog Untuk Pemula