Mas Alvi blog

Membuat Artikel Berkualitas Tinggi di Blog

Membuat Artikel Berkualitas Tinggi di Blog

2 Agustus 2015
Membuat Artikel Kualitas Tinggi

Membuat Artikel Kualitas Tinggi - Artikel berkualitas seperti apakah yang dimaksud disini? Maksudnya adalah artikel yang kita buat memiliki bobot yang tinggi bagi pengunjung untuk dibaca. Sebenarnya dasar dari artikel berkualitas tinggi adalah dapat memberikan kepuasan terhadap pembaca. Jadi tidak ada hubungannya sama sekali dengan ilmu SEO.

Saya membuat postingan seperti ini sejatinya saya sendiri belum bisa maksimal membuat artikel yang berkualitas. Namun seperti tujuan dari blog ini, yaitu untuk berbagi tentang perjalanan ngeblog saya. Saya selalu menerapkan teknik ini ketika hendak membuat suatu artikel, dan saya yakin teknik ini dapat bermanfaat bagi sobat.

Menyiapkan Artikel Berkualitas

Sebelum menulis artikel, sobat harus paham artikel yang sobat buat. Kalau sobat tidak paham, sobat akan kesulitan dalam memaksimalkan artikel tersebut.

Pada dasarnya sobat hanya harus memperhatikan beberapa instrumen berikut:
  • Judul
  • Paragraf
  • Label
  • Gaya Penulisan
  • Konten Pendukung

1. Judul

Hal pertama yang harus sobat perhatikan adalah judul. Judul yang sobat buat hendaknya mengandung kata kunci dari topik artikel yang sobat buat. Secara SEO, panjang judul blog yang baik tidak lebih dari 7 kata.

Sobat juga harus cerdas dalam memilih judul artikel. Gunakan kata dasar yang unik di postingan judul sobat, dalam artian tidak terlalu banyak mengandung kata penghubung seperti 'di' atau 'yang'.

2. Membuat Paragraf Pembuka dan Penutup

Paragraf pembuka dan penutup sangat efisien untuk mempermanis artikel yang sobat buat. Apalagi jika konten sobat terlalu sedikit, dengan adanya paragraf tambahan dapat memperbanyak isi konten. Tapi tetap saja paragraf tersebut tidak boleh terlalu banyak, usahakan seimbang dengan isi konten utama yang sobat buat.

3. Pasang Label

Label pada postingan sobat dapat membantu memudahkan pembaca mengetahui kategori apa yang sedang dibaca. Selain itu, label akan mengelompokkan artikel-artikel yang memiliki label sama. Sehingga, pembaca dapat dengan mudah menelusuri artikel-artikel terkait dengan relevansi yang sama.

Dalam memberikan label, sobat harus tau kategori apa yang tepat untuk artikel yang sobat buat. Jika artikel yang dibuat tentang makanan, maka sobat berikan label 'Kuliner' misalnya.

4. Gaya Penulisan

Menurut Saya, gaya penulisan menjadi nilai paling tinggi untuk diprioritaskan kualitasnya. Gaya penulisan tidak harus seragam dengan kebanyakan para blogger, namun alangkah baiknya sobat memiliki keunikan dalam menggunakan gaya bahasa. Dalam artian blog sobat memiliki karakter dan jati diri. Blogger juga harus nyentrik seperti seniman. 

Pemilihan kata atau diksi juga perlu diperhatikan. Gunakan kata sebutan yang merangkul pengunjung seperti kata 'sobat' atau 'anda'. Intinya, sobat harus bisa membuat pembaca memperoleh informasi secara efektif lewat gaya penulisan sobat. Nilai plus jika pembaca merasa nyaman kemudian terdorong untuk membaca artikel sobat yang lainnya.

5. Konten Pendukung

Minimal pada artikel yang sobat buat terdapat satu gambar pendukung dengan ukuran yang sedang. Gambar hendaknya tidak terlalu banyak karena biasanya hanya dilihat sekilas saja. Jadi, gambar digunakan sebagai pendukung konten sobat.

Agar artikel sobat dapat mempengaruhi SEO, sobat bisa menambahkan alt tag pada pengaturan properties gambar yang sobat sisipkan. Tujuannya agar gambar tersebut dapat terindeks di mesin pencari.

Kesimpulan

Sobat harus paham tentang pengunjung blog sobat. Jika pengunjung mencari batu, maka berikan batu. Jika mencari udang, maka berikan udang. Jangan sampai pengunjung malah mencari udang saat diberi batu.

Intinya, artikel yang berkualitas dapat membuat pengunjung nyaman, mendapatkan informasi dengan tepat sasaran, dan artikel sobat dapat bersaing dengan artikel lain diluar sana. Sekian.

Tags

0 komentar:

Posting Komentar

Membuat Artikel Berkualitas Tinggi di Blog Membuat Artikel Berkualitas Tinggi di Blog